RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah : SDN 1 Cahaya
Tema 3 :
Peduli Terhadap Makhluk Hidup
Sub tema 1 : Hewan dan tumbuhan di
lingkungan rumahku
Kelas/semester : IV/1
Alokasi Waktu : 1 hari/ 6x35
A.
Kopetensi Inti
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, dan guru.
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan di sekolah
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
Kopetensi Dasar dan Indikator
SBDP
3.1 Mengenal
karya dua dan tiga dimensi
berdasarkan pengamatan
4.2 Membuat
karya seni kolase dengan berbagai
bahan di lingkungan sekitar
Indikator
Menciptakan karya seni kolase menggunakan bahan alam dan barang bekas
IPA
3.1 Menjelaskan
bentuk luar tubuh hewan dan
tumbuhan dan fungsinya
4.1 Menuliskan
hasil pengamatan tentangn bentuk
luar (morfologi) tubuh hewan dan
tumbuhan serta fungsinya
Indikator
3.1.1
Menjelaskan bentuk luar (morfologi) tubuh hewan dan fungsinya setelah mengamati gambar.
MATEMATIKA
3.1 Mengenal
konsep pecahan senilai dan
melakukan operasi hitung pecahan
menggunakan benda konkret/gambar
4.3 Mengurai
sebuah pecahan menjadi sebagai
hasil penjumlahan atau
pengurangan dua buah pecahan
lainnya dengan berbagi kemungkinan
jawaban
Indikator
·
Menentukan
pecahan setelah mengamati gambar
dan melengkapi tabel
·
Membedakan
pecahan senilai dan tidak senilai
setelah melakukan eksplorasi dengan
gambar pecahan dan diskusi kelas
C. Tujuan
Pembelajaran:
·
Setelah memotong sedotan pada hiasan bingkai,
siswa mampu menentukan nilai pecahan dengan benar.
·
Setelah melakukan eksplorasi dengan menggunting bahan untuk membuat bingkai,
siswa mampu menentukan pecahan
yang senilai dengan pecahan yang ditentukan.
·
Setelah mengamati gambar, siswa mampu
menjelaskan bentuk luar (morfologi) tubuh hewan
dan fungsinya dengan benar.
·
Dengan menggunakan bahan alam dan barang
bekas, siswa mampu membuat karya seni kolase dengan teknik yang benar.
D.
Materi Pembelajaran
SBDP :
karya seni kolase menggunakan bahan alam dan barang bekas
IPA : bentuk luar (morfologi) tubuh hewan dan fungsinya
Matematika : Menentukan pecahan
E. Pendekatan/metode Pembelajaran dan Strategi
1. Pendekatan : Scientific Approach
(mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, mengkomunikasikan)
2. Metode : PAIKEM
F. Media/alat dan Sumber Pembelajaran
1. Media :
gambar
2.
Alat : gunting, karton bekas, lem, sedotan, dan
kertas polos.
3. Sumber Pembelajaran :Buku
guru, Buku siswa, internet
G.
Langkah-langkah
Kegiatan
Kegiatan
|
Deskripsi kegiatan
|
Aokasi waktu
|
Pendahuluan
|
Ø Mengajak
siswa untuk berdo’a
Ø Melakukan
komunikasi tentang kehadiran siswa/absensi
Ø Guru
memotivasi siswa dengan mengajak bernyanyi.
Ø Menginformasikan
tema/sub tema yang akan diajarkan.
|
15
menit
|
Inti
|
Ø Siswa dibagi 5 kelompok
Ø Tiap kelompok mendapatkan 2 sedotan yang
berukuran sedang karton bekas, dan
Koran atau kertas kado, dan
kertas putih polos
Ø Siswa boleh menambahkan bahan-bahan alam seperti daun atau ranting
Ø Siswa mendengarkan intuksi guru untuk
membuat bingkai yang berukran 30 x 30
cm
Ø Setiap kelompok mendapatkan gambar hewan yang berbeda-beda
Ø Siswa menhias bingkai dengan alat dan
bahan yang telah disediahkan
Ø Setip kelompok mengerjakan LKPD
Ø Siswa mendiskusikan bersama teman
kelompoknya
Ø Setiap kelompok menuliskan laporannya
Ø Tiap kelompok memresentasikan hasil
karyanya
|
175
menit
|
Penutup
|
Ø Guru
menanyakan kepada siswa kegiatan apa saja yang dilakukan hari ini dan apa
yang siswa rasakan?
Ø Guru menyimpulkan kegiatan pembelajaran.
Ø Guru memberikan pesan-pesan moral kepada siswa
Ø Do’a penutup
|
20
menit
|
H. Rubrik Penilaian
1. Rubrik Penilaian Kolase. (SBdP)
No.
|
Kriteria
|
Perlu Berlatih lagi lagi
|
Cukup Bagus
|
Bagus Sekali
|
1
|
Desain
|
Semua bahan
dipotong dengan
ukuran dan bentuk
yang tepat dan
disusun dengan rapi.
(3)
|
Sebagian besar bahan
dipotong dengan ukuran
dan bentuk yang tepat dan
disusun dengan rapi.
(2)
|
Sedikit bahan
dipotong dengan
ukuran dan bentuk
yang tepat dan
disusun dengan rapi.
(1)
|
2
|
Bahan
|
Menggunakan
sedikitnya 4 jenis
bahan alam.
(3)
|
Menggunakan 3 jenis bahan
alam.
(2)
|
Menggunakan 2 jenis
bahan alam.
(1)
|
3
|
Waktu
|
Menyelesaikan
sesuai dengan waktu
yang ditentukan.
(1.5)
|
Menyelesaikan 5 menit
setelah waktu yang
ditentukan.
(1)
|
Tidak menyelesaikan
dalam waktu yang
ditentukan.
(0.5)
|
Alternatif penilaian
No.
|
Nama Siswa
|
Kriteria
|
||||||||
1
|
2
|
3
|
||||||||
3
|
2
|
1
|
3
|
2
|
1
|
1,5
|
1
|
0,5
|
||
1
|
Ira
|
|||||||||
2
|
Lina
|
|||||||||
3
|
Nai
|
|||||||||
4
|
……
|
Catatan : Centang (√)
pada bagian yang memenuhi kriteria.
Penilaian
Contoh :
2.
Lembar kerja matematika pecahan dinilai dengan angka. (Matematika)
3. Fungsi dan bagian tubuh burung dinilai dengan daftar periksa.
(IPA)
No.
|
Kriteria
|
Ya
|
Tidak
|
1
|
Siswa mampu menuliskan fungsi paruh dengan
benar
|
||
2
|
Siswa mampu menuliskan fungsi sayap dengan
benar
|
||
3
|
Siswa mampu menuliskan fungsi ekor dengan
benar
|
||
4
|
Siswa mampu menuliskan fungsi cakar dengan
benar
|
Alternatife penilaian
Nama siswa :
Kelas :
Guru
kelas :
No.
|
Kriteria
|
Ya
|
Tidak
|
1
|
Siswa mampu menuliskan fungsi paruh dengan
benar
|
||
2
|
Siswa mampu menuliskan fungsi sayap dengan
benar
|
||
3
|
Siswa mampu menuliskan fungsi ekor dengan
benar
|
||
4
|
Siswa mampu menuliskan fungsi cakar dengan
benar
|
4.
Penilaian
sikap teliti, kreatif, rasa ingin tahu.
tatan pengamatan sikap dan keterampilan
(Catat sikap dan keterampilan yang menjadi fokus)
Catatan:
1. Guru dapat menggunakan kata-kata berikut untu menyatakan
kualitas sikap dan keterampilan.
·
Belum terlihat
·
Mulai terlihat
·
Mulai berkembang
·
Sudah terlihat/membudaya
2. Setiap hari guru dapat menilai minimal 6 siswa atau disesuaikan dengan jumlah siswa di kelas.
Contoh alternatif penilaian sikap
No.
|
sikap
|
Belum
Terlihat
|
Mulai
Terlihat
|
Mulai
Berkembang
|
Membudaya
|
ket
|
1
|
Nilai
|
ü
|
||||
2
|
Bertanggung jawab
|
ü
|
||||
3
|
….
|
Kepala Sekolah 29
Mei 2015
(……………….) Guru
Kelas
LEMBAR
KERJA PESERTA DIDIK
Satuan
Pendidikan : SD Negeri 1 Cahaya
Kelas/
Semester : IV/1
Tema
3 : Peduli Terhadap
Makhluk Hidup
Subtema 1 :
Hewan dan tumbuhan di lingkungan rumahku
Kelompok :
Nama Anggota :
1.
………………..
2.
………………..
3.
………………..
4.
………………..
5.
………………..
Kopetensi Dasar
3.1 Menjelaskan
bentuk luar tubuh hewan dan
tumbuhan dan fungsinya
4.1 Menuliskan
hasil pengamatan tentangn bentuk
luar (morfologi) tubuh hewan dan
tumbuhan serta fungsinya
Indikator
3.1.1
Menjelaskan bentuk luar (morfologi) tubuh hewan dan fungsinya setelah mengamati gambar.
“Bagian Tubuh Hewan dan
Fungsinya”
Setiap hewan mempunyai
tubuh yang berbeda-beda funfsinyapun
berbeda-beda pula. Bagaiman cara mengetahui bentuk tubuh hewan dan fungsinya ?
Ayo ikuti langka berikut !
1.
Amatilah gambarmu
2.
Bagilah
bingkai yang telah kamu hias menjadi dua bagian
3.
Tempelkan
gambarmu pada sisi kiri
4.
Berilah
tanda pada tiap bagian tubuh hewan dengan angka
5.
Tulislah
nama bagian-bagian tersebut
6.
Tuliskan
pula fungsi dari tiap bagian-bagian tersebut pada sisi bagian kanan
7.
Amati
kembali setelah kamu melakukan kegiatan diatas
8.
Simpulkanlah
hasil kegiatanmu
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….....
Thanks kak atas postingannya ^_^
ReplyDeleteSama2😊
ReplyDelete