Wednesday, January 6, 2016

permainan tanpa alat dan menggunakan alat

PJOK
 PERMAINAN TANPA ALAT DAN MENGGUNAKAN ALAT

 A. PENGERTIAN PERMAINAN LINGKARAN SIHIR

Permaian lingkaran sihir adalah permaian yang berbentuk lingkaran yang disebut lingkaran sihir. lingkaran ini memiliki dua lapis lingkaran luar dan lingkaran dalam. Di dalam lingkaran sihir yang kedua terdapat benteng yang dapat menghancurkan kekuatan sihir yang berhasil masuk kedalam benteng adalah pemenangnya.

1. Aturan Permainan Lingkaran Sihir

1)      Penyerang harus berpegangan/pasangan dengan temannya agar tidak mati
2)      Penjaga lingkaran sihir pertama dapat mengejar penyarang yang tidak memegang pasangannya.
3)      Jika ingin menembus lingkaran sihir pertama tidak bole berpegangan dengan teman atau masuk sendiri-sendiri
4)      Untuk menembus lingkaran sihir kedua justru harus berpasangan
5)      Saat berada dilingkaran sihir yang kedua harus lebih hati-hati karena penjaga lingkaran sihir yang pertama/kedua jika dapat menyentu penyerang maka matilah seluruh penyerang tidak peduli penyerang itu sendiri atau berpasangan.
6)      Jika penyerang tersentuh oleh penjaga lingkaran sihir maka matilah seluru penyerang meskipun yang disentuh hanya satu orang.
7)      Jika penyerang mati maka giliran penyerang yang menjaga lingkaran sihir dan penjaga lingkaran sihir menjadi penyerang.
8)      Kelompok yang menembus lingkaran sihir kedua atau yang dapat berada dalam benteng adalah pemenangnya.

2 Tujuan permainan lingkarana sihir

1)      Mengajarkan kepada siswa pentingnya kebersamaan, manusia tidak bisa hidup tanpa bantuang orang lain.
2)      Mengajarkan siswa, untuk mencapai tujuan butuh kerja keras agar dapat melihat setiap kesempatan.
3)      Mengajarkan kepada siswa, agar selalu waspada/ hati-hati.
4)      Melati kesabaran siswa, ketekunan dan keuletan,
5)      Mengajarkan kepada siswa tentang pantang menyerah.
6)      Melati kejujuran siswa

 3  Penerapan Permainan Lingkaran Sihir

Sebelum memulai permainan terlebih dahulu membuat lingkaran dua lapis atau lingkaran berlapi jarak antara garis yang diluar dan didalam disesuaikan. Untuk mencari kelompok mana yang akan menjadi penyerang lebih dulu masing-masing kelompok  mengutus satu orang untuk melakukan guntung batu kertas. Setelah mengetahui siapa penyerang maka penjaga lingkran sihir diberi waktu untuk berdiskusi siapa yang menjaga lingkaran sihir paling inti begitu pula dengan penyerang dapat berdiskusi dan mengatur siasat.

4. Manfaat Permaian Lingkaran Sihir bagi Tubuh Siswa

1)      Melati gerak lokomotor siswa
2)      Melati cara berpikir siswa
3)      Meningkatkan kosentrasi

B.  PERMAINAN RAJA

Permainan raja adalah permaian yang menggunakan bola kastik. yang dilempar setinggi-tingginya keudara ( sesuai kemampuan masing-masing siswa). Permainan raja tidak ditentukan jumlah pemainnya. Pemain yang bisa bertahan hingga akhir dialah yang menjadi raja yang dapat memerintah. Pemain yang kalah harus melakukan perintah sang raja.

1. Aturan Permaianan :

1)      Yang tidak bole dikena bola : kepala dan badan.
2)      Yang bole dikena bola : lengan, belakang/punggung dan kaki.
3)      Jika sudah terdengar kata “ STOP” para memain tidak boleh bergerak kecuali sipelempar.
4)      Jika ada yang bergerak ketika kata “STOP”  sebelum bola dilempar maka pemain tersebut gugur.
5)      Hukuman tidak bole menyakiti fisik siswa.

2.      Tujuan Permaianan
1)      Melati kejujuaran siswa
2)      Melati disiplin siswa
3)      Melati ketelitian siswa
4)      Melati focus siswa
5)      Mengajarkan siswa tentang kehidupan sosial.

3. Penerapan Permainan Raja
Bola dilemparkan keuadara dengan menyebutkan salah satu nama pemain lain. Pemain yang disebut namanya harus segera menangkap bola sebelum bola menyentu tanah. jika bola bisa tertangkap dilemparkan lagi keudara dengan menyebutkan nama pemaian laian ketika bola sudah menyentu tanah  baru bisa ditangkap maka pemain yang disebut namanya harus mengejar bola tersebut jika dia telah memegang bola dengan baik maka dia harus bilang”STOP” para memain lain tidak boleh bergerak lagi ketika sudah terdengar kata “STOP”. Lalu bola dilemparkan/digulingkan pada sasaran (pemain lain) saat bola dilemparkan pada sasaran ( pemain lain ) dapat mengenai sasaran walaupun sedikit maka pemain itu gugur dan jika tidak mengenainya maka sipelemparlah yang gugur. Begitu seterusnya hingga tersisa satu pemain itulah rajanya. Ketika raja mengeluarkan perintah maka para rakyat harus kosentrasi terhadap perintah sang raja karena disinilah saatnya mereka berlomba adu kecepatan. pemain yang paling belakangan sampainya ketika disuru raja maka raja akan memberikan hukuman padanya dan rakyat lainnya boleh ikut menghukum.

4. Manfaat Permaian Raja bagi Tubuh Siswa
1)      Melatih keterampilan siswa melempar dan menangkap bola
2)      Meleti keterampilan siswa berlari cepat
3)      Meningkatkan kosentrasi siwa
4)      Melatih keterampilan mengontrol bola

5)      Melatih menembak sasaran

1 comment:

  1. The Casino, Hotel and Spa - MapYRO
    Find your nearest Casino, 부산광역 출장샵 Hotel and Spa in Henderson, NV. 경기도 출장샵 남양주 출장마사지 Address: 3900 S. 속초 출장안마 Charleston Blvd. South, Henderson, 춘천 출장마사지 NV, 89130. Map. Map. Directions to The Casino, Hotel

    ReplyDelete