PJOK
PERMAINAN TANPA ALAT DAN MENGGUNAKAN ALAT
A. PENGERTIAN
PERMAINAN LINGKARAN SIHIR
Permaian lingkaran sihir adalah permaian yang berbentuk lingkaran yang disebut lingkaran sihir. lingkaran ini memiliki dua lapis lingkaran luar dan lingkaran dalam. Di dalam lingkaran sihir yang kedua terdapat benteng yang dapat menghancurkan kekuatan sihir yang berhasil masuk kedalam benteng adalah pemenangnya.
1. Aturan
Permainan Lingkaran Sihir
1)
Penyerang
harus berpegangan/pasangan dengan temannya agar tidak mati
2)
Penjaga
lingkaran sihir pertama dapat mengejar penyarang yang tidak memegang
pasangannya.
3)
Jika
ingin menembus lingkaran sihir pertama tidak bole berpegangan dengan teman atau
masuk sendiri-sendiri
4)
Untuk
menembus lingkaran sihir kedua justru harus berpasangan
5)
Saat
berada dilingkaran sihir yang kedua harus lebih hati-hati karena penjaga
lingkaran sihir yang pertama/kedua jika dapat menyentu penyerang maka matilah
seluruh penyerang tidak peduli penyerang itu sendiri atau berpasangan.
6)
Jika
penyerang tersentuh oleh penjaga lingkaran sihir maka matilah seluru penyerang
meskipun yang disentuh hanya satu orang.
7)
Jika
penyerang mati maka giliran penyerang
yang menjaga lingkaran sihir dan penjaga lingkaran sihir menjadi penyerang.
8)
Kelompok
yang menembus lingkaran sihir kedua atau yang dapat berada dalam benteng adalah
pemenangnya.
2 Tujuan
permainan lingkarana sihir
1)
Mengajarkan
kepada siswa pentingnya kebersamaan, manusia tidak bisa hidup tanpa bantuang
orang lain.
2)
Mengajarkan
siswa, untuk mencapai tujuan butuh kerja keras agar dapat melihat setiap
kesempatan.
3)
Mengajarkan
kepada siswa, agar selalu waspada/ hati-hati.
4)
Melati
kesabaran siswa, ketekunan dan keuletan,
5)
Mengajarkan
kepada siswa tentang pantang menyerah.
6)
Melati
kejujuran siswa
3. Penerapan
Permainan Lingkaran Sihir
Sebelum memulai permainan terlebih dahulu membuat
lingkaran dua lapis atau lingkaran berlapi jarak antara garis yang diluar dan didalam disesuaikan. Untuk mencari kelompok mana yang akan menjadi penyerang
lebih dulu masing-masing kelompok mengutus satu orang untuk melakukan guntung
batu kertas. Setelah mengetahui siapa penyerang maka penjaga lingkran sihir
diberi waktu untuk berdiskusi siapa yang menjaga lingkaran sihir paling inti
begitu pula dengan penyerang dapat berdiskusi dan mengatur siasat.
4. Manfaat
Permaian Lingkaran Sihir bagi Tubuh Siswa
1)
Melati
gerak lokomotor siswa
2)
Melati
cara berpikir siswa
3)
Meningkatkan
kosentrasi
B. PERMAINAN
RAJA
Permainan raja adalah permaian yang menggunakan bola
kastik. yang dilempar setinggi-tingginya keudara ( sesuai kemampuan
masing-masing siswa). Permainan raja tidak ditentukan jumlah pemainnya. Pemain
yang bisa bertahan hingga akhir dialah yang menjadi raja yang dapat memerintah.
Pemain yang kalah harus melakukan perintah sang raja.
1. Aturan
Permaianan :
1)
Yang
tidak bole dikena bola : kepala dan badan.
2)
Yang
bole dikena bola : lengan, belakang/punggung dan kaki.
3)
Jika
sudah terdengar kata “ STOP” para memain tidak boleh bergerak kecuali
sipelempar.
4)
Jika
ada yang bergerak ketika kata “STOP”
sebelum bola dilempar maka pemain tersebut gugur.
5)
Hukuman
tidak bole menyakiti fisik siswa.
2. Tujuan
Permaianan
1)
Melati
kejujuaran siswa
2)
Melati
disiplin siswa
3)
Melati
ketelitian siswa
4)
Melati
focus siswa
5)
Mengajarkan
siswa tentang kehidupan sosial.
3. Penerapan
Permainan Raja
Bola dilemparkan keuadara dengan menyebutkan salah
satu nama pemain lain. Pemain yang disebut namanya harus segera menangkap bola
sebelum bola menyentu tanah. jika bola bisa tertangkap dilemparkan lagi keudara
dengan menyebutkan nama pemaian laian ketika bola sudah menyentu tanah baru bisa ditangkap maka pemain yang disebut
namanya harus mengejar bola tersebut jika dia telah memegang bola dengan baik
maka dia harus bilang”STOP” para memain lain tidak boleh bergerak lagi ketika
sudah terdengar kata “STOP”. Lalu bola dilemparkan/digulingkan pada sasaran
(pemain lain) saat bola dilemparkan pada sasaran ( pemain lain ) dapat mengenai
sasaran walaupun sedikit maka pemain itu gugur dan jika tidak mengenainya maka
sipelemparlah yang gugur. Begitu seterusnya hingga tersisa satu pemain itulah
rajanya. Ketika raja mengeluarkan perintah maka para rakyat harus kosentrasi
terhadap perintah sang raja karena disinilah saatnya mereka berlomba adu
kecepatan. pemain yang paling belakangan sampainya ketika disuru raja maka raja
akan memberikan hukuman padanya dan rakyat lainnya boleh ikut menghukum.
4. Manfaat
Permaian Raja bagi Tubuh Siswa
1)
Melatih
keterampilan siswa melempar dan menangkap bola
2)
Meleti
keterampilan siswa berlari cepat
3)
Meningkatkan
kosentrasi siwa
4)
Melatih
keterampilan mengontrol bola
5)
Melatih
menembak sasaran
The Casino, Hotel and Spa - MapYRO
ReplyDeleteFind your nearest Casino, 부산광역 출장샵 Hotel and Spa in Henderson, NV. 경기도 출장샵 남양주 출장마사지 Address: 3900 S. 속초 출장안마 Charleston Blvd. South, Henderson, 춘천 출장마사지 NV, 89130. Map. Map. Directions to The Casino, Hotel